Mengapa pendidikan
sepanjang hayat diperlukan?
karna PHS akan meningkatkan persamaan
distribusi pelayanan pendidikan, memiliki implikasi ekonomi yang
menyenangkan, esensial dalam menghadapi struktur sosial yang berubah
terdapat alasan-alasan kejuruan untuk menetapkannya akan menghantarkan
peningkatan kualitas hidup. Gagasan dasarnya bahwa pendidikan harus
dikonsepkan secara formal sebagai proses yang terus menerus dalam
kehidupan individu, mulai dari anak-anak sampai dewasa.
Didalam
tulisan Cropley dengan memperhatikan masukan dari sebagian pemerhati
pendidikan mengemukakan beberapa alasan, antara lain: Keadilan, ekonomi
(biaya pendidikan). Perubahan perencanaan, perkembangan teknologi,
factor vokasional, kebutuhan orang dewasa, dan kebutuhan anak-anak masa
awal, (Cropley: 32-44).
1. Alasan Keadilan
Terselenggaranya
PSH secara meluas di kalangan masyarakat dapat menciptakan iklim
lingkungan yang memungkinkan terwujudnya keadilan sosial.Hinsen
menunjukan konteks yang lebih luas yaitu dengan terselenggaranya PSH
yang lebih baik akan membuka peluang bagi perkembangan nasional untuk
mencapai tingkat persamaan internasional (Cropley: 33). Dalam hubungan
ini Bowle mengemukakan statemen bahwa pada prinsipnya dapat
mengeliminasi peranan sekolah sebagai alat untuk melestarikan
ketidakadilan sosial (Cropley: 33).
2. Alasan Ekonomi
Tidak
dapat dipungkiri, alasan ekonomi merupakan alasan yang sangat vital
dalam penyelenggaraan pendidikan. Apalagi di Negara sedang berkembang
biaya untuk perluasan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan
hampir-hampir tidak tertanggulangi. Di satu sisi tantangan untuk
mengejar keterlambatan pembangunan dirasakan, sedangkan di sisi lain
keterbatasan biaya dirasakan menjadi penghambat. tidak terkecuali di
Negara yang sudah maju teknologinya, yaitu dengan munculnya kebutuhan
untuk memacu kualitas pendidikan dan jenis-jenis pendidikan, dan mereka
merasa berat beban biaya penyelenggaraan pendidikan tersebut. Dalam
hubungannya dengan masalah tersebut PSH yang secara radikal mendasarkan
diri pada konsep baru dalam pemrosesan pendidikan memiliki implikasi
pembiayaan pendidikan yang lebih luas dan lebih longgar (Cropley: 35).
3.
Alasan Faktor Sosial
Faktor yang berhubungan dengan perubahan
peranan keluarga, remaja, dan emansipasi wanita dalam kaitannya dengan
perkembangan iptek. Perkembangan iptek yang demikian pesat yang telah
melanda negara maju dan negara-negara yang sedang berkembang memberi
dampak yang besar terhadap terjadinya karena adanya perubahan-perubahan
kehidupan sosial ekonomi dan nilai budaya. Seperti berubahnya corak
pekerjaan, status dan peran adolesen versus kelompok dewasa, hubungan
sosial pekerja dengan atasannya, khususnya bertambahnya usia harapan
hidup dan menurunnya jumlah kematian bayi, dan yang tak kalah
pentingnya ialah berubahnya sistem dalam peranan lembaga pendidikan.
Fungsi
pendidikan yang seharusnya diperankan oleh keluarga, dan juga fungsi
lainnya, seperti fungsi ekonomi, rekreasi dan lain-lain, lebih banyak
diambil alih oleh lembaga-lembaga, organisasi-organisasi di luar
lingkungan keluarga, khususnya oleh sekolah. Jika dahulu masa anak dan
remaja diartikan sebagai masa belajar dalam dunia persekolahan,
sedangkan dunia orang dewasa adalah dunia kerja, kini garis batas yang
memisahkan kedua kelompok usia tersebut sedang menjadi kabur.
4.
Alasan Perkembangan Iptek
Uraian sebelumnya telah menjelaskan
betapa luasnya pengaruh perkembangan iptek dalam semua sektor
pembangunan. Meskipun diakui bahwa pengaruh tersebut di dalam dunia
pendidikan belum sejauh yang terjadi pada dunia pertanian, industri,
transportasi, dan komunikasi. Namun invensinya didalam dunia pendidikan
telah menggejala dalam banyak hal.
5. Alasan Sifat Pekerjaan
Kenyataan
menunjukkan bahwa perkembangan iptek disatu sisi dalam skala besar
menyita pekerjaan tangan diganti dengan mesin, tetapi tidak dapat
dipungkiri disisi yang lain juga memberi andil kepada munculnya
pekerjaan-pekerjaan baru yang menyerap banyak tenaga kerja dan munculnya
cara-cara baru dalam memproses pekerjaan. Akibatnya pekerjaan menuntut
persyaratan kerja yang selalu saja berubah.
Oleh : Siti
Salmah
kelas : 1c
Tugas 2
0 komentar:
Posting Komentar
Ditunggu komentarnya ya sobat... :D